PERANAN RESERVASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PT. SRIWIJAYA AIR JAKARTA TAHUN 2006
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Di samping itu terdapat juga kecendrungan bahwa apabila tidak menggunakan teknologi canggih akan berpengaruh terhadap kegiatan operasional perusahaan penerbangan tersebut dalam mengembangkan jaringannya. Hal pertama yang berpengaruh besar terhadap operasi penerbangan adalah reservasi. Yang dimaksud dengan reservasi adalah suatu perjanjian pemesanan tempat antara dua pihak atau lebih pada waktu atau periode tertentu disertai dengan produk jasanya.
PT. Sriwijaya Air sebagai salah satu perusahaan penerbangan komersil baru di Indonesia saat ini juga terus berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada penumpangnya. Hal ini yang melatar belakangi penulisan topic ini adalah pentingnya teknologi informasi dalam suatu industri penerbangan, dimana dalan hal ini reservasi termasuk dalam Front Line Office System atau disebut juga sebagai strategi dari perusahaan penerbangan komersial.
Sedangkan yang dimaksud dengan front line system itu sendiri adalah system informasi yang berguna untuk kebutuhan organisasi secara eksternal yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas usaha. Adapun salah satu contoh dari system tersebut adalah Airline Reservation System. Tertarik akan hal-hal yang dikemukakan diatas maka penulis ingin mengemukakan laporan dengan judul :
“PERANAN RESERVASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PT. SRIWIJAYA AIR JAKARTA TAHUN 2006”
B.Tujuan dan Manfaat Penulisan
1.Tujuan
b.Menulis secara ilmiah apa saja yang telah dilihat dan dikerjakan pada saat pelaksanaan praktek kerja lapangan pada PT. Sriwijaya Air Jakarta.
c.Membuat masukan kepada PT. Sriwijaya Air hal-hal yang dianggap penting demi kemajuan perusahaan itu sendiri.
2.Manfaat Penulisan Laporan Praktek Kerja Lapangan
1.Apa yang telah penulis dapatkan di kampus dalam bentuk ilmu pengetahuan sangat bermanfaat dan dapat penulis praktekan di perusahaan tempat penulis melaksanakan Praktek Kerja Lapangan.
2.Apa yang telah penulis dapatkan selama Praktek Kerja Lapangan di PT. Sriwijaya Air sangat berharga sekali sanggup mendewasakan pemikiran penulis bahwa dunia kerja itu penuh dengan persaingan.
3.Dapat dijadikan pedoman untuk ke depannya demi kesuksesan penulis dalam memasuki dunia kerja.
b.Bagi PT. Sriwijaya Air (perusahaan tempat dimana penulis melaksanakan Praktek Kerja Lapangan)
c.Bagi STMT TRISAKTI
C.Permasalahan
1.Reservasi yang belum di re-confirm
2.Block Seat
3.Bagaimana menghadapi situasi yang tidak sesuai dalam penanganan reservasi?
D.Ruang Lingkup Penulisan
E.Sistematika Penulisan
BAB I : PENDAHULUAN
BAB II : KAJIAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN
BAB III : GAMBARAN UMUM PT. SRIWIJAYA AIR
BAB IV : PEMBAHASAN
BAB V : PENUTUP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar