Senin, 12 Januari 2009

Mira Suhaera 224106375

PERANAN RESERVASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PT. SRIWIJAYA AIR JAKARTA TAHUN 2006

BAB I

PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

Dalam dunia industri pada saat ini penerbangan merupakan salah satu industri yang paling depan dalam menggunakan teknologi dalam informasi dan mesin-mesin baru yang canggih hal ini yang menyebabkan terjadinya persaingan antara perusahaan-perusahaan tersebut dimana masing-masing penerbangan berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk dapat meraih penumpang atau konsumen sebanyak mungkin. 
 Di samping itu terdapat juga kecendrungan bahwa apabila tidak menggunakan teknologi canggih akan berpengaruh terhadap kegiatan operasional perusahaan penerbangan tersebut dalam mengembangkan jaringannya. Hal pertama yang berpengaruh besar terhadap operasi penerbangan adalah reservasi. Yang dimaksud dengan reservasi adalah suatu perjanjian pemesanan tempat antara dua pihak atau lebih pada waktu atau periode tertentu disertai dengan produk jasanya. 
 PT. Sriwijaya Air sebagai salah satu perusahaan penerbangan komersil baru di Indonesia saat ini juga terus berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada penumpangnya. Hal ini yang melatar belakangi penulisan topic ini adalah pentingnya teknologi informasi dalam suatu industri penerbangan, dimana dalan hal ini reservasi termasuk dalam Front Line Office System atau disebut juga sebagai strategi dari perusahaan penerbangan komersial. 
 Sedangkan yang dimaksud dengan front line system itu sendiri adalah system informasi yang berguna untuk kebutuhan organisasi secara eksternal yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas usaha. Adapun salah satu contoh dari system tersebut adalah Airline Reservation System. Tertarik akan hal-hal yang dikemukakan diatas maka penulis ingin mengemukakan laporan dengan judul :
 “PERANAN RESERVASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PT. SRIWIJAYA AIR JAKARTA TAHUN 2006”  

B.Tujuan dan Manfaat Penulisan 

1.Tujuan 

a.Untuk melengkapi sebagian dari syarat-syarat menempuh ujian Diploma III (Tiga) pada Sekolah Tinggi Manajemen Transpor TRISAKTI Jakarta. 
b.Menulis secara ilmiah apa saja yang telah dilihat dan dikerjakan pada saat pelaksanaan praktek kerja lapangan pada PT. Sriwijaya Air Jakarta.
c.Membuat masukan kepada PT. Sriwijaya Air hal-hal yang dianggap penting demi kemajuan perusahaan itu sendiri. 

2.Manfaat Penulisan Laporan Praktek Kerja Lapangan 

a.Bagi Penulis
1.Apa yang telah penulis dapatkan di kampus dalam bentuk ilmu pengetahuan sangat bermanfaat dan dapat penulis praktekan di perusahaan tempat penulis melaksanakan Praktek Kerja Lapangan. 
2.Apa yang telah penulis dapatkan selama Praktek Kerja Lapangan di PT. Sriwijaya Air sangat berharga sekali sanggup mendewasakan pemikiran penulis bahwa dunia kerja itu penuh dengan persaingan. 
3.Dapat dijadikan pedoman untuk ke depannya demi kesuksesan penulis dalam memasuki dunia kerja. 

b.Bagi PT. Sriwijaya Air (perusahaan tempat dimana penulis melaksanakan Praktek Kerja Lapangan)

Semoga apa yang sudah penulis dapat di PT. Sriwijaya Air dan semua yang sudah penulis tulis dalam Laporan Praktek Kerja Lapangan ini dapat bermanfaat bagi perusahaan sebagai sumbang saran dalam rangka perbaikan pada PT. Sriwijaya Air untuk menuju kesuksesan. 

c.Bagi STMT TRISAKTI

Sebagai referensi laporan agar dapat dipakai sebagai bahan pemahaman secara prosedural.

C.Permasalahan

Adapun permasalahan yang akan penulis bahas dalam laporan ini adalah system reservasi dan mekanisme computer yang sering terjadi dilihat dari hasil pengamatan penulis maka dapat ditarik beberapa masalah yang dapat dijadikan topic, sebagai berikut:
1.Reservasi yang belum di re-confirm
2.Block Seat
3.Bagaimana menghadapi situasi yang tidak sesuai dalam penanganan reservasi?  

D.Ruang Lingkup Penulisan 

Dalam laporan ini penulis akan membatasi ruang lingkup pembahasan hanya terfokus pada system reservasi, mekanisme kerja, pelayanan reservasi pada PT. Sriwijaya Air tahun 2006. 

E.Sistematika Penulisan

Untuk dapat memberikan gambaran secara menyeluruh mengenai isi dan pembahasan di dalam laporan ini, penulis menyusun sistematika penulisan laporan bab per bab yang merupakan satu kesatuan antara bab yang satu dengan bab yang lainnya. Laporan ini diterapkan dalam 5 (lima) bab, dengan sistematika sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN

Dalam bab ini dikemukakan latar belakang penulisan, manfaat penulisan, ruang lingkup dan sistematika penulisan. 

BAB II : KAJIAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

Dalam bab ini dikemukakan mengenai segala sesuatu tentang materi Praktek Kerja Lapangan yaitu tentang system prosedur pelayanan reservasi pada PT. Sriwijaya Air. 

BAB III : GAMBARAN UMUM PT. SRIWIJAYA AIR

Dalam bab ini dikemukakan sejarah singkat PT. Sriwijaya Air organisasi dan manajemen, bidang usaha, fasilitas-fasilitas yang dimiliki. 

BAB IV : PEMBAHASAN

Dalam bab ini dikemukakan permasalahan-permasalahan dalam mekanisme kerja dan pelayanan reservasi pada PT. Sriwijaya Air. 

BAB V : PENUTUP

Bab ini merupakan bab terakhir, dalam bab ini dikemukakan kesimpulan beserta saran-saran. 

Tidak ada komentar: